Bendungan Batu Tegi Lampung [Tanggamus]


Bendungan Batu Tegi Lampung [Tanggamus]

Nuansa9 - Bendungan Batu Tegi Lampung [tanggamus] | Terletak di Kec. Air Naningan, Kab. Tanggamus Provinsi Lampung. Bendungan ini sudah ada (diresmikan) sejak tahun 2004 Bulan Maret oleh Ibu Megawati Soekarno Putri.  

Sejarah Bendungan Batu Tegi

Ternyata bendungan ini memiliki kisah historis yang tidak sedap, mengapa ? pada saat pembangunan bendungan ini ternyata menelan korban jiwa sebanyak 13 orang pekerja meninggal dalam pengerjaan bendungan terbesar se Asia Tenggara ini. Untuk mengenang kematian korban tersebut dibuatlah monumen 13.


Luas Bendungan Batu Tegi

Bendungan Batu Tegi memiliki luas sekitar 3.650 hektar yang letaknya diapit diantara 2 (dua bukit). Jarak dari Bandar Lampung ke Bendungan ini sekitar 85 Km.  

Bendungan batu tegi menempati area yang luas yaitu 16 km2 dan volume 687.767 juta m3. Tidak bisa dibayangkan jika banjir datang volume air akan naik menjadi sekitar 858.827 juta m3.

Bendungan Batu Tegi Bagi Masyarakat

Batu tegi sebagai sumber tadah hujan petani yang menghadapi musim kemarau tentu akan sulit mendapatkan air untuk pasokan sawahnya. Bendungan ini berperan penting menjadi penampung air yang bila dibutuhkan akan dikeluarkan supaya mengalir melalui sungai dan bisa dialirkan ke sawah masyarkat banyak.

Bendungan Batu Tegi juga menjadi penyedia bahan baku air minum melalui PDAM yang sudah melewati pengolahan sampai siap konsumsi oleh masyarakat. Masih ada lagi keutamaan dari Bendungan Batu Tegi ini yaitu sebagai pemasok listrik sebesar 2x 14 Mw di Provinsi Lampung.

Pemandangan di bendungan ini akan membuat pengunjung berdecak kagum, pasalnya di bendungan ini akan nampak hamparan air yang menakjubkan dan luas.

Keindahan tempat ini dilengkapi dengan udara yang sejuk dan segar. Anda bisa menuju Dermaga Jettu unruk melihat pemandangan lain di bendungan ini. Untuk menuju


Dermaga ini anda akan melewati jalan yang berkelok delapan (karena seperti angka delapan). Dari sini anda akan melihat lebih luas lagi pemandangan di bendungan Batu Tegi ini.

Bila anda turun lagi kebawah , disana akan terdapat dermaga Bendungan Batutegi yang cocok untuk beristirahat dan biasanya orang-orang beristirahat disini karena suasananya yang sejuk.

Kapal kecil tersedia bila pengunjung ingin berkeliling bendungan. Penumpang berkisar antara 7-10 orang. Lokasi ini pun sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mengabadikan moment bersama kelurga, sahabat dan teman-temannya. 

Lokasi Bendungan Batu Tegi



Keyword: Bendungan batu tegi ,bendungan batu tegi lampung  100-1k ,batu tegi ,batu tegi lampung 100-1k,bendungan batu tegi tanggamus ,batu tegi tanggamus lampung ,sejarah bendungan batu tegi ,bendungan batu tegi tanggamus lampung ,waduk batu tegi ,gambar bendungan batu tegi ,bendungan batu tegi lampung selatan, batu tegi tanggamus ,batu tegi Lampung ,batu tegi Lampung Selatan ,batu tegi Talangpadang,batu tegi  pringsewu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bendungan Batu Tegi Lampung [Tanggamus]"

Post a Comment

Silahkan komentar dengan baik... :)